DUKUNGAN POLRI DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL

Share:

Diantara tujuan pembangunan nasional adalah pembangunan dibidang politik yang ditandai dengan agenda pesta demokrasi berupa pemilihan umum (Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden) secara langsung dan serempak di seluruh tanah air. Pesta demokrasi ini rentan menimbulkan pertikaian yang pada akhirnya berujung kepada bentrokan fisik antar pendukung. Sudah banyak contoh kasus antar pendukung yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta benda yang tidak sedikit jumlahnya. Diperlukan keseriusan oleh aparat Polri yang bekerja sama dengan aparat pemerintahan dan masyarakat.
Polri sebagai sub sistem pemerintahan, dalam pelaksanaan tugas pokoknya harus mampu mendukung keberhasilan Pembangunan Nasional. Sebagaimana telah dirumuskan dalam Undang- Undang No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005 – 2025.
Untuk itu, Polri telah menyusun Rumusan Strategi Jangka Panjang sebagai Pedoman Arah Kebijakan Polri dengan menetapkan Grand Strategy Polri Tahun 2005 - 2025, yang mencakup 3 Tahapan yaitu:
# Tahap I Tahun 2005 - 2009 membangun kepercayaan ( Trust Building );
# Tahap II Tahun 2010 - 2014 membangun kemitraan ( Partnership Building );
# Tahap III Tahun 2015 - 2025 menuju organisasi unggulan ( Strive for Excellent ).
Saat ini Polri berada pada akhir Tahap II yaitu membangun kemitraan ( Partnership Building) divisi humas mabes polri

Tidak ada komentar