Headlines
Kamis, 14 April 2016
senkom tangerang

SENKOM Adalah Organisasi Kemanusiaan


Jakarta (12/4/2016) - Organisasi Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri dari masa ke masa mengalami dinamika yang semakin baik dalam kinerja keorganisasian, maupun peran di masyarakat. Salah satu peran Senkom ialah dalam kebencanaan melalui klaster Rescue atau Senkom Rescue, yang melakukan tugas dan fungsi kemanusiaan mulai dari mitigasi, evakuasi hingga rehabilitasi dalam kebencanaan.

Dalam sejarahnya, Senkom Rescue terbentuk satu tahun setelah Senkom didirikan yaitu 1 Januari 2005. Kala itu, Senkom yang baru setahun merasa terpanggil untuk melakukan aksi kemanusiaan dalam kejadian bencana tsunami di Aceh.

Mendadak sebagai relawan korban tsunami saat itu, Senkom menemukan begitu banyak kekurangan dalam bekal keterampilan maupun pengetahuan tentang kebencanaan. Maka sejak itu, dilaksanakanlah berbagai kegiatan pelatihan mengenai pengetahuan dan keterampilan sebagai relawan kebencanaan, dengan melibatkan BASARNAS dan BNPB, maupun badan lain.

Untung Maulana, salah satu ketua Senkom yang mebidangi kebencanaan menyatakan, sejak peristiwa tsunami itu Senkom melatih anggotanya agar tidak gagap ketika terjadi bencana. “Berdasarkan data yang diterbitkan BNPB tahun 2015 lalu, potensi Senkom unggul di berbagai hal, diantaranya jumlah SDM relawan terlatih yang tercatat hampir sepuluh ribu orang, serta potensi pendukung lainnya seperti perlengkapan meski jika dihitung dengan frekuensi bencana di Indonesia, maka sangat-sangat kurang,” ujar Untung.

Karena aktifnya Senkom dalam berbagai bencana seperti gempa, banjir, gunung meletus serta kecelakaan transportasi darat, laut serta udara, Senkom mendapatkan penghargaan BNPB, serta penghargaan terkait kegiatan taktis menemukan lokasi pesawat jatuh beberapa waktu lalu.

“Pada dasarnya kami ini hanya organisasi yang menghimpun potensi masyarakat, yaitu mereka yang merasa terpanggil untuk mendedikasikan  dirinya untuk kemanusiaan, maka kami rekrut sebagai relawan, maka diharapkan kepada pemerintah melalui BASARNAS dan BNPB supaya dapat terus memberikan dukungan berupa latihan-latihan dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Untung.

Dengan kemampuan utama bidang informasi bagi anggota senkom secara umum, maka informasi kebencanaan ataupun kecelakaan sangat cepat tersampaikan, dengan demikian maka penanganannya juga menjadi lebih cepat.

Setiap tahun, Senkom melaksanakan pelatihan di seluruh Indonesia, yang dikemas dalam diklat dan orientasi anggota, yang dilaksanakan di 34 propinsi. Pada tahun 2013 lalu ketika dilaksanakan orientasi anggota baru dengan materi Bela Negara, Kamtibmas dan Rescue, Senkom dapat melatih sekitar 70 ribu anggota di seluruh Indonesia.

“Jadi dalam satu paket pelatihan itu, kita mendapatkan kader kamtibmas, kader bela negara serta relawan kemanusiaan,” kata Untung Maulana.

senkom tangerang on 18.53. , . . by: S 13 FBI

senkom tangerang on 18.53. , . .

0 komentar for "SENKOM Adalah Organisasi Kemanusiaan"

Komentarlah dengan bijak !!!Mohon Komentar anda tidak boleh mengandung unsur: 1. Penghinaan, Pelecehan, Pornografi atau SARA lainnya. 2. Spamming (spamming content). 3. Link Aktif, Teks Anchor ataupun sejenisnya. Terima Kasih telah memberikan komentar pada Website ini.

SIC APK


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wSenkomInformationCentre

FUN PAGE

SENKOM APK

http://4.bp.blogspot.com/-XrsbeyC_lDk/VA2CkDxAD7I/AAAAAAAAAFQ/C24HxB0DYp0/s1600/Aplikasi-Android.png

FB : SENKOM

SENKOM TV

http://4.bp.blogspot.com/-nxn5Y_BGYY0/Vehf4x1IrAI/AAAAAAAABNg/CVE0cO5fRr4/s1600/senkom%2Btv.jpg