Cegah Kejahatan Berulang


Tangerang - pelayanan publik lebih optimal dengan berbasis IT. Itulah poin utama yang saya dan Kepala Rutan Tangerang Pak Dedi Cahyadi sepakati.
Alhamdulillah, hari ini saya berkesempatan mengunjungi beliau. Sambutan hangat dipadukan dengan kesamaan jalan pikir membuat suasana diskusi semakin hangat.

Ada beberapa hal yang didiskusikan dan disinkronisasikan antara Polresta Tangerang dan Rutan Tangerang. Di antaranya, mengenai narapidana yang sudah bebas menjalani masa hukuman. Saat orang sudah keluar, kepolisian menjadi salah satu yang bertanggung jawab agar orang itu tidak melakukan tindak pidana lagi.
Langkah-langkah deteksi itu yang disinkronkan. Sehingga kepolisian menjadi tahu kapan orang masuk rutan dan kapan ia keluar. Informasi itu ter-manage secara integrasi dengan memanfaatkan fasilitas IT.
Langkah ini untuk mencegah seseorang melakukan kejahatan berulang (residivis). Untuk itulah, kerja sama antara kepolisian dan rutan/lapas diperlukan tentu juga untuk kerja sama di bidang lain seperti antisipasi kerusuhan di lapas dan kaburnya tahanan dengan sistem pengawasan narapidana.
Semoga kerja sama ini dapat meningkatkan pelayanan publik yang tidak hanya berbasis IT namun mengedepankan harkat dan martabat kemanusiaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages